Pages

Labels

Rabu, 13 Februari 2013

futsal bisnis

di jaman yang moderen ini pastilah banyak yang menginginkan hal baru tapi hal baru yang ingin saya kasih tau ke anda semua adalah cara menjadi pemagbisnis handal dalam bidang olahraga yang dimana olaharaga menjadi suatu simbol yang membuat orang semua sehat.
dengan merebaknya suatu olahraga bola yang disukai dan diminati banyak orang di dunia sampai-sampai di dunia lain ikut mengikutinya..
hahahahaha

pasti taulah sepak bola sangat banyak yang hobi karena pepatah mengatakan tanpa bola hidup itu tidak abadi jadi walaupun di jaman sekarang masih banyak olahraga yang lebih bagus dari sepakbola tapi identik sepak bola telah merajai semua olahraga-olahraga yang ada dibelahan muka bumi ini jadi sepak bola adalah idola lelaki masa kini.
tapi di jaman moderen sekarang peluang bisnis yang saya ajukan adalah bisnis futsal yang dimana bisnis futsal ini adalah bisnis paling asik banget dibelahan dunia.
karena maraknya anak muda yang ngotot main bola dan lahanpun tidak ada dikarenakan sudah pada dibangun kantor-kantor besar, rumah dan pabrik jadi lapangan menjadi sempit dengan ide futsal ini kita dapat mengai rejeki yang melimpah ruah.

Selain sebagai sarana berolahraga, futsal juga digunakan untuk ajang bersosialisasi dan gaya hidup masyarakat kota. Olahraga ini digemari kaum pria dari berbagai golongan dan usia. Membuka usaha futsal? Kenapa tidak?

Guys, ini ada beberapa tips dalam membuat lapangan futsal:1. Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat. Berikut referensi ukuran satu lapangan futsal:Ukuran Umum: Panjang: 25 m – 45 m, Lebar: 15 m – 25 mUkuran Internasional: Panjang: 38 m – 42 m, Lebar: 18 m – 22 m
2.Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal.
3. Persiapkan semua hal yang diperlukan dalam pembuatannya, berikut yang perlu diperhatikan:
- Lokasi dan bangunan.- Bahan Lapangan: lantai semen (paling murah), ubin, parkit kayu, rumput alami dan rumput sintetis (lebih mahal)- Gawang, bola, kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya- Jaring : yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan- Kawat baja : yang digunakan sebagai tihang pada jarring- cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan.- spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk mengindari cedera pemain- Tempat menunggu (jangan terlalu sempit, agar konsumen puas atas pelayanannya)- Tempat parkir yang cukup luas (bila perlu gratis, biar banyak pengunjunggnya)- Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya- Fasilitas hiburan seperti TV kalau perlu PS, Timezone, dll (sebagai hiburan untuk menunggu dan bermain agar terlihat eksklusif)4. Tentukan harga penyewaannya, standarnya untuk lapangan futsal rumput sintetis, biasanya berkisar 140 rb keatas (outdoor) dan 190 rb keatas (indoor). Sebaiknya survey dulu harga-harga sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat.



Bisnis persewaan lapangan futsal masih cukup digemari walaupun jumlah lapangan futsal sudah lumayan banyak. Selain karena minat masyarakat untuk bermain futsal tidak menurun juga disebabkan oleh kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin tinggi sehingga futsal sebagai salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan kapanpun dan dalam kondisi hyujan maupun panas banyak dipilih orang untuk berolahraga. Apalagi olahraga futsal yang harus dilakukan secara berkelompok membuat jenis olahraga ini menjadi sesuatu yang sangat fun bagi setiap orang.
Untuk bisa terjun dalam bisnis lapangan futsal ini, kita harus memiliki perhitungan yang cermat serta mempersiapkan anggaran untuk membuat lapangan futsal. Tentu saja terlebih dahulu kita harus menentukan konsep dari lapangan futsal yang akan kita buat. Apakah kita akan membuat lapangan futsal ukuran umum atau lapangan futsal ukuran internasional. Setelah itu, kita bisa mulai membuat anggaran pembuatan lapangan futsal seperti rencana kita. 
Berikut ini adalah contoh anggaran biaya pembuatan lapangan futsal:
* Alas lapangan futsal.
Terdapat 3 jenis alas lapangan futsal yang umum digunakan, yaitu: rumput sintetis, vnyl, dan parquet. Untuk Parquet sebenarnya agak tidak umum digunakan karena jauh dari kesan "lapangan sepak bola". Sebaiknya kita menggunakan rumput sintetis atau vynil dengan kualitas yang bagus sehingga penyewa lapangan futsal kita akan merasa nyaman. Selin itu juga akan memperpanjang umur ekonomis dari rumput sintetis dan vynil yang kita gunakan. Biasanya harga rumput sintetis dan vynil dijadikan satu paket dengan jaring dan perlengkapan yang lain.
Harga rumput sintetis pun bervariasi tergantung pada kualitas. Biasanya rumput sintetis dijual dalam bentuk paket untuk ukuran normal lapangan futsal.
Berikut ini adalah harga rumput sintetis di pasaran:
- rumput sintetis futsal 1 lapisan 22 mm = Rp 95.000.000,-
- rumput sintetis futsal 2 lapisan 28 mm = Rp 125.000.000,-
- rumput sintetis futsal 2 lapisan 35 mm = Rp 140.000.000,-
- rumput sintetis futsal 1 lapisan 55 mm = Rp 130.000.000,-
Kalau menggunakan vynil/vyneels jatuhnya bisa lebih mahal bila dibandingkan dengan menggunakan rumput sintetis. Untuk lapangan futsal dengan ukuran normal kurang lebih membutuhkan anggaran untuk vyneels sebesar kurang lebih 170jt per paket
* Bola
Untuk 1 lapangan futsal minimal dibutuhkan 2 buah bola futsal. Harga bola futsal dengan kualitas baik kurang lebih Rp 250.000,- sehingga anggaran untuk bola sebesar Rp 500.000,-
* Rompi pemain
Minimal dibutuhkan 2 lusin (24 pcs rompi futsal). Harga dalam satuan lusin tentu lebih murah bila dibandingkan dengan harha per satuannya. Harga rompi pemain futsal dengan kualitas yang bagus dipasaran sekitar Rp 160.000,- per lusin. Sehingga anggaran untuk rompi pemain adalah Rp 320.000,-
* Lampu penerangan lapangan
Bisanya dalam 1 lapangan futsal dibutuhkan kurang lebih 18 lampu. Bila menggunakan lampu yang hemat energi memang harganya sedikit lebih mahal namun umur ekonomisnya jelas lebih panjang. Harga lampu hemat energi di pasaran sekitar Rp 100.000,- sehingga anggaran untuk lampu adalah Rp 1.800.000,-
* Tiang lampu
Dalam satu tiang bisa digunakan untuk 2 buah lampu. Sehingga dalam 1 lapangan futsal dibutuhkan 9 tiang lampu. Bila harga tiang lampu sekitar Rp 500.000,- per tiang, maka anggaran untuk penyediaan tiang ini adalah Rp 4.500.000,-  


PERHATIKAN

Perencanaan modal dan usaha. Sebelum benar-benar memulai usaha ini, sebaiknya anda menghitung secara cermat dan hati-hati tentang perencanaan modal dan proyeksi usaha. Lakukan riset atau survey untuk mengetahui tanggapan pasar dan prospek usaha futsal di daerah anda. Lalu hitung perkiraan omset usaha secara konservatif dan tidak terlalu optimis. Bila anda yakin usaha ini mempunyai prospek yang baik, adakan pembangunan secara bertahap sambil terus melakukan perbaikan dan promosi.
Tata tertib di lapangan. Siapkan peraturan tata tertib selama menggunakan lapangan. Misal, dilarang melakukan hal-hal yang dapat merusak lapangan, seperti: meludah sembarangan, merokok, bersandar di tiang gawang dan jaring, bermain tanpa kaos dan sepatu futsal. Tujuan peraturan ini demi menciptakan suasana nyaman bagi seluruh pelanggan dan turut memelihara lapangan. Minta pemain untuk segera melapor jika ada kerusakan pada lapangan.
Menegakkan aturan tata tertib. Tegakkan aturan dan tata tertib yang anda buat. Anda berhak melakukan itu demi kebaikan usaha anda dan kepentingan seluruh pelanggan. Namun demikian, lakukan secara baik agar tidak menyinggung perasaan pelanggan.
Pengawasan selama di lapangan. Tempatkan pegawai yang bertugas mengawasi pemakaian lapangan. Selain untuk memberikan pelayanan bagi pemain juga untuk memastikan bahwa lapangan anda selalu dalam keadaan baik. Siapkan pula pegawai yang paham aturan permainan futsal dan bisa bertindak sebagai wasit bila sewaktu-waktu dibutuhkan.
Perawatan lapangan. Lakukan pemeriksaan lapangan setiap hari. Rawat lapangan, terutama rumput atau lantai lapangan secara rutin dengan membersihkan dan menyemprotnya dengan bahan-bahan khusus. Segera perbaiki jika ada lantai yang mengelupas atau rusak.
Program lapangan. Anda dituntut untuk memiliki kecakapan manajemen waktu dan penyusunan jadwal pemakaian lapangan dengan baik. Jangan sampai ada pelanggan yang sudah menyewa lapangan ternyata harus kecewa karena berbenturan dengan pelanggan lain hanya karena anda keliru dalam mengatur jadwal.
Tingkat okupansi. Terus lakukan promosi untuk menaikkan omset yaitu dengan meningkatkan masa pakai atau okupansi lapangan. Bila perlu berlakukan tarif khusus untuk jam-jam sepi.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Bekerja sama dengan perusahaan, kantor, sekolah. Tawarkan lapangan futsal anda sebagai bagian dari sarana olahraga resmi bagi perusahaan, kantor, sekolah atau klub futsal. Berikan tarif khusus dan masa pakai yang menarik.
Membership. Tawarkan sistem membership pada individu atau kelompok. Ciptakan program membership yang menarik, misal: member gets member.
Pertandingan atau kompetisi. Secara reguler adakan kompetisi futsal. Anda bisa membentuk team internal. Jalin kerja sama dengan pihak sponsor untuk membantu pembiayaan
Kerja sama dengan lapangan futsal di kota lain. Tak ada salahnya bekerja sama dengan lapangan futsal dari kota lain. Hal ini bisa menaikkan citra lapangan futsal anda karena memiliki jaringan luas. Member di lapangan futsal anda bisa bermain di lapangan futsal mitra kerja anda.



 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger News